Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia – Pengetahuan umum tentang sejarah perkembangan teknologi pendidikan dapat memungkinkan kita untuk memahami peran teknologi pendidikan yang berkembang dalam proses pembelajaran siswa. Meskipun tidak ada bukti tertulis yang memberi tahu kami kapan tepatnya teknologi pendidikan digunakan. Tapi setidaknya kita bisa mempelajari apa yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir.

Sudut pandang atau sudut pandang pendidik. ilmuwan Dan setiap filsuf mungkin berbeda. Ini juga mempengaruhi definisi yang berbeda dari teknologi pendidikan dari waktu ke waktu.

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

Teknologi pendidikan adalah proses multifaset dan terintegrasi yang melibatkan orang, proses, ide, perangkat dan organisasi.Teknologi dipinjam dari berbagai ilmu pembelajaran. Teknologi pendidikan juga diartikan sebagai alat yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Terutama alat-alat terbaru yang berasal dari inovasi atau penemuan.

Perkembangan Teknologi Dibidang Pendidikan

Setidaknya dari tingkat perkembangan teknologi pembelajaran di dunia. Kita bisa belajar bagaimana teknologi telah mewarnai pendidikan. Hal ini juga terkait dengan perkembangan teknologi komputer yang mendominasi warna perkembangan segala bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.

Artikel ini bertujuan untuk menyajikan dua perspektif sejarah tentang perkembangan teknologi pendidikan. Artinya, dari segi umum dan dari segi perkembangan teknologi komputer, berikut uraian singkatnya.

Meskipun “teknologi” bisa berupa apa saja mulai dari pensil hingga lingkungan virtual modern. Namun sebagian besar sejarah teknologi pendidikan dibentuk oleh perkembangan teknologi digital seperti komputer. Ada empat fase yang terkait dengan pengembangan teknologi pendidikan.

Jangan menganggap mikrokomputer sebagai komputer kecil yang dapat Anda pegang. Awalnya, komputer dibuat seukuran ruang keluarga. Dan komputer mikro adalah komputer berukuran desktop yang dapat diletakkan di atas meja sekolah. Ini memiliki monitor tubular besar dan keyboard terpisah.

Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia

Sebagian besar guru mulai menggunakan sistem komputer ketika mikrokomputer masih menjadi hal yang biasa. Tetapi komputer pendidikan berkembang sebelum era komputer mikro. Komputer pengajaran pertama ada di awal 1950. Pada akhir 1960-an, IBM memperkenalkan IBM 1500, mainframe pengajaran pertama, atau komputer besar yang terhubung dengan banyak pengguna yang terhubung melalui terminal.

Saat itu, paket IBM 1500 yang merupakan terminal atau stasiun multimedia untuk pengajaran, Dapat menampilkan animasi dan video.Digabungkan dengan IBM pada tahun 1975, sebanyak 25 universitas menggunakan sistem tersebut untuk mengembangkan computer-assisted instruction (CAI) melalui koneksi jarak jauh.

Computer Assisted Instruction (CAI) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu mengajarkan informasi dan/atau keterampilan terkait mata pelajaran. Upaya yang paling menonjol adalah proyek Stanford yang dipimpin oleh profesor dan “kakek CAI” Patrick Suppes. Dialah yang mengembangkan Coursewriter bahasa pemrograman.

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

Perusahaan seperti Computer Curriculum Corporation (CCC, didirikan oleh Suppes) dan Programmed Logic for Automatic Teaching Operations (PLATO) telah mengembangkan sistem ini dan telah mendominasi pasar teknologi pendidikan berbasis komputer selama sekitar 15 tahun. CAI juga mengembangkan mainframe, seperti aplikasi atau program komputer terpandu (CMI), untuk melacak data kinerja siswa berdasarkan gaya belajar yang dikuasai.

Cara Menyikapi Perkembangan Teknologi Demi Kemajuan Bisnis

Namun, teknologi ini masih sangat mahal pada saat itu. dan membutuhkan biaya perawatan yang besar. sehingga hanya sedikit lembaga pendidikan di negara maju yang bisa menggunakannya saat itu. Pada akhir 1970-an hanya ada sedikit dukungan untuk kursus berbasis komputer yang dikendalikan oleh distrik atau perusahaan pengolah data.

Pada tahun 1975, jaringan komputer terpadu menjadi semakin portabel, dan para guru mulai membawa komputer desktop all-in-one kecil yang disebut mikrokomputer. Mikrokomputer adalah sistem yang dirancang untuk digunakan secara individual di dalam kelas. Ini adalah langkah besar untuk mengontrol komputer pendidikan secara terpisah dari perusahaan, universitas, dan pemerintah, sehingga guru dan sekolah memegang kendali penuh.

Guru merasa ingin lebih terlibat dan terlibat dalam perancangan perangkat pembelajaran teknologi. Oleh karena itu, perusahaan sehingga menciptakan bahasa dan sistem

(misalnya PILOT, SuperPILOT, Genis, PASS) Namun, melibatkan guru dalam mengembangkan aplikasi mereka sendiri ternyata terlalu memakan waktu bagi mereka. sehingga minat menurun

Pdf) Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengajaran: Survei Pada Guru Guru Sains Smp Di Indonesia [indonesian]

Saat sekolah mulai mencari cara untuk membuat CAI dengan biaya lebih rendah. Pemerintah kemudian mulai membeli jaringan Integrated Learning System (ILS), atau sistem jaringan yang menyediakan layanan CAI dan CMI berbasis kurikulum.Kontrol pembelajaran berbasis komputer sekali lagi dipindahkan ke pusat server di sekolah dan kantor pemerintahan.

Tiga inisiatif teknologi lainnya dapat menandai sejarah perkembangan teknologi pendidikan modern. Karena ini dapat dilihat dengan jelas selama periode ini mereka adalah:

Sejarah perkembangan teknologi pendidikan menunjukkan bahwa pada awal tahun 1990-an, universitas di seluruh dunia terhubung dengan jaringan komputer yang mampu bertukar informasi menggunakan perangkat lunak standar yang telah digunakan selama bertahun-tahun.Web (WWW) juga diperkenalkan.

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

WWW adalah sistem berbasis Internet yang memungkinkan grafik dari halaman Internet ditampilkan melalui hyperlink atau potongan teks atau gambar yang memungkinkan pengguna untuk melompat ke lokasi lain yang terhubung ke jaringan. Perangkat lunak browser pertama (Mosaic) dirancang untuk memungkinkan pengguna menggunakan tautan ini. Ini adalah tanda pertama dari generasi ketiga teknologi pendidikan.

Dampak Negatif Dan Positif Dari Perkembangan Iptek Dalam Bidang Pendidikan

Guru dan siswa bergabung dengan banyak pengguna “Jalan raya informasi” dan perkembangan teknologi komputer ini dapat meningkatkan pembelajaran secara dramatis. Di awal tahun 2000-an, email, multimedia online Dan konferensi video telah menjadi standar di kalangan pengguna internet. Situs web telah menjadi bentuk komunikasi utama bagi para pendidik. Dan pendidikan jarak jauh berkembang di semua tingkat pendidikan.

Arti kata “online” telah bergeser dari menggunakan komputer menjadi terhubung ke Internet. di Indonesia Ini telah diadaptasi menjadi istilah online. (di jaringan) nanti

Sekolah virtual adalah sekolah di mana siswa dan guru terpisah satu sama lain dan/atau waktu. dan berkomunikasi hanya melalui teknologi komputer dan/atau telekomunikasi.Pada tahun 2000 mulai tumbuh dan berkembang menjadi pilar komunitas pendidikan.

Era ini dimulai sekitar awal tahun 2000-an ketika perangkat portabel (gadget) seperti smartphone dan tablet memungkinkan akses gratis ke
Internet dan komputer saat bepergian. Individu memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengintegrasikan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. sesuai dengan perubahan dalam komunikasi pendidikan

Apa Jadinya Jika Di Kehidupan Ini Tidak Ada Teknologi?

Kemudahan komunikasi dan akses sumber daya online telah menyebabkan banyak perubahan penting dalam dunia pendidikan, antara lain:

Oleh karena itu, dari waktu ke waktu kami akan merangkum sejarah perkembangan teknologi pendidikan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar salam () Menurut laporan PISA (Programme for International Student Assessment), Indonesia menempati urutan ke-62 dunia dalam sains, ke-63 dunia dalam matematika, dan ke-64 dunia dalam membaca Angka ini lebih rendah dibandingkan Singapura, Vietnam, dan Thailand.PISA merupakan survei yang menguji kemampuan anak usia 15 tahun dalam tiga bidang: membaca, matematika, dan sains. Penelitian ini diprakarsai oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dalam sambutannya pada kesempatan Hari Pendidikan Nasional Yang dipublikasikan di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Klaim bahwa kualitas layanan pendidikan di Indonesia memiliki Itu telah diperbarui selama beberapa tahun terakhir. dalam kata-katanya Ia menyoroti masifnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan layanan pendidikan.

Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan anak Indonesia di luar negeri. perbatasan seperti anak-anak Indonesia yang berada di negara bagian Sabah dan Sarawak Malaysia, ujarnya.

Menuju Transformasi Digital Pendidikan Indonesia

Senada dengan Muhadjir, Rosdewi Malau, guru SMPN 20 Jakarta, yakin infrastruktur dan ruang untuk mengajar di kota-kota besar cukup memadai. Dia berharap pemerintah lebih memperhatikan infrastruktur dan ketersediaan sumber daya manusia di daerah terpencil. untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Di kota sendiri sudah bagus. Dengan asumsi bahwa daerah yang telah terpapar teknologi dan fasilitas yang ada. Saya kira sudah bagus ya, stafnya masih perlu ditingkatkan. terutama di daerah seperti sebelumnya Mungkin gaji, bakat, semua aspek harus diperhatikan, ujar Rossdevie dalam wawancara dengan Indonesia.

Dengan pesatnya perkembangan kebutuhan zaman Guru yang telah mengajar sejak tahun 1984 menyadari bahwa pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Terutama dalam hal teknologi dibandingkan dulu guru harus mengajar dengan cara tradisional seperti papan tulis, kapur tulis, buku pelajaran tebal, namun sekarang dengan teknologi seperti komputer, proyektor, dan internet sepertinya sangat efektif dalam mengajar. menekankan bahwa kontrol orang tua juga merupakan hal yang pasti di rumah. terutama pada usia ini Siswa sangat rentan terhadap pengaruh luar. bahwa pengaruh teknologi atau internet tidak akan berpengaruh negatif terhadap perkembangan belajar siswa

Kami banyak berbicara dengan orang tua (siswa). Kami tidak memblokir teknologi dengan cara apa pun. Tapi bagaimana kita bisa terus memantau, yaitu orang tua dari rumah harus tahu apa yang dibaca anaknya, apa yang dia tonton, karena kalau kita ingin menutup Teknologi ini akan sangat menghambat. Anak-anak ini akan berkembang, kan? Mereka perlu tahu juga. Hanya kontrol dari rumah harus lebih ketat. Menurut saya, jelasnya.

Pdf) Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Sebagaimana diketahui pemerintah mengalihkan fokusnya dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia untuk menyambut Revolusi Industri 4.0, Muhadjir juga percaya bahwa perkembangan teknologi yang lebih canggih dapat memengaruhi cara berpikir, perilaku, dan perilaku siswa kita. Mahasiswa perlu memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah dunia yang berubah dengan cepat, kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Kurie Suditomo, pendiri codingcamp.id


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *