Mengapa Harus Menghemat Listrik

Mengapa Harus Menghemat Listrik – 5 Februari 2021 21:05 05 Februari 2021 21:05 Diperbarui: 5 Februari 2021 21:24 1566 1 0

Purwosari, Kudus (03/02/2020) – Pasca PSBB, masyarakat juga beraktivitas di rumah, mulai dari bekerja (work from home-WFH) hingga belajar. Dengan WFH, pemakaian listrik yang biasanya hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, penggunaannya diperpanjang. Hal inilah yang membuat kita merasa tidak banyak mengkonsumsinya, meskipun kita menggunakannya dalam waktu yang lama.

Mengapa Harus Menghemat Listrik

Mengapa Harus Menghemat Listrik

Banyak orang mengeluhkan kenaikan tagihan listrik selama FMH. Kenaikan tagihan listrik di masa pandemi Covid-19 berdampak pada masyarakat sebagai konsumen, sehingga banyak keluhan yang mempertanyakannya. Kenaikan tagihan listrik dinilai tidak wajar karena bisa tiga kali lipat dari bulan sebelumnya. Kondisi ini tentu berat bagi masyarakat, apalagi dalam keadaan sulit di masa pandemi.

Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018_ayomadrasah Pages 101 150

Merujuk pada tingginya jumlah pengaduan pada Juni lalu, kenaikan tagihan tak lepas dari pandemi Covid-19 yang meningkatkan aktivitas di rumah yang diikuti dengan peningkatan konsumsi listrik. Pada saat yang sama, PLN mengubah model pencatatan tagihan listrik dengan mengambil rata-rata pemakaian tiga bulan terakhir.

Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan untuk merekam secara langsung seperti pada kondisi normal. Untuk itu perlu adanya perilaku hemat listrik yang dapat menekan tagihan listrik. Mahasiswa program studi teknik elektro Undip, Alvi Yumna Hilyah, melakukan penyuluhan dan sosialisasi secara door to door kepada masyarakat desa Purwosari, khususnya warga RT 02 RW 07.

Wah bermanfaat sekali ini, saya jadi tahu tips menghemat listrik kata Ibu Barokah warga RT 02 RW 07 Desa Purwosari.

Dengan cara ini, kita dapat mengontrol konsumsi listrik bulanan kita. Karena kita dapat mengontrol berapa banyak listrik yang digunakan langsung dari meteran. Penghematan energi tidak hanya dilakukan saat Anda berada di rumah, tetapi juga di tempat kerja atau di masyarakat. Perilaku hemat listrik harus menjadi kebiasaan setiap hari dan dimanapun kita berada. Baca juga: Upaya apa saja yang dilakukan untuk menjaga kelestariannya Contoh Kunci Jawaban Topik 4 Kelas 2

Jala Hoaks Jakarta

Mari kita mulai pembahasannya dari Nur Kafidhatun, S.Pd. Jangan lupa untuk membaca teks di bawah ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Perhatikan Dampak Jika Jatropha Dimanfaatkan Secara Berlebihan! Contoh kunci jawaban kelas 2, topik 4, halaman 100

Hari ini, Udin dan teman-temannya belajar tentang energi minyak. Di awal pembelajaran, Pak Burhan mempresentasikan gambaran proses pembentukan minyak. Rupanya butuh waktu yang sangat… lama… lama. Jutaan tahun! Wah, tak heran Udin sering mendengar nasehat “Hemat Energi” di mana-mana. Dalam perjalanan pulang sekolah, Udin, Lani, Edo dan Siti berbincang tentang hemat energi. Mereka berpikir pasti ada yang bisa mereka lakukan untuk mendorong warga Desa Babakan berhemat energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi penduduk desa setiap hari.

Mengapa Harus Menghemat Listrik

Baca Juga : Ini Manfaat Tanaman Jarak Dari Daun Hingga Minyak Jaraknya, Sangat Ampuh Bagi Manusia Topik 2 SD 4e.

Cara Menghemat Listrik Mudah Di Rumah Dan Keuntungannya

Edo ingat hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan untuk segera menyalakan televisi di pagi hari. Padahal, saat Edo sekolah, ayahnya bekerja dan ibunya memasak di dapur, televisi selalu menyala tanpa penonton. Nah, itulah yang bisa dilakukan Edo. Ingatkan anggota keluarga Anda untuk menghemat listrik. Padahal, mendapatkan listrik adalah salah satu hak masyarakat. Namun perlu diingat bahwa kewajiban pengguna listrik bukan hanya membayar tagihan, tapi juga berhemat!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai sepeda motor untuk setiap aktivitas. Bahkan belanja di warung Mpok Minah di ujung kampung, ibu saya naik motor. Lani menyadari bahwa dia harus mengingatkan ibunya untuk menggunakan kendaraan saat diperlukan. Anda perlu menghemat bahan bakar sepeda motor. Untuk jarak pendek, lebih baik berjalan kaki atau bersepeda. Lebih efektif, lebih murah dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti banyak mikir. Pasti ada sesuatu yang bisa mereka lakukan untuk mendorong keluarga dan tetangga untuk menghemat energi. Meski masih anak-anak, mereka juga menggunakan haknya sebagai konsumen energi. Dengan demikian, mereka juga memiliki kewajiban untuk menabung. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa berfungsi sebagai pengingat bagi warga.

Baca juga: Jelaskan Manfaat Tanaman Jarak! Lihat penjelasan, contoh kunci jawaban kelas 2, topik 4, halaman 100

Tidak semua energi dapat diperbarui. Jika kita tidak menggunakan energi seperti minyak dan batu bara secara hemat, pada akhirnya akan habis.

Presentasi Kelompok 5 Hemat Listrik Dan Energi Alternatif

Baca juga: Bagaimana Cara Menghemat Kertas? Lihat kunci jawaban Kelas 4 Topik 2 Halaman 61 di sini

Disclaimer: Kunci jawaban ini adalah panduan bagi orang tua. Siswa dapat bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Page 84 85 Ayo Kerjakan di Kampus Kegiatan 9.1 Model Deteksi Darah

Mengapa Harus Menghemat Listrik

Jelaskan akibat dari keragaman sosial budaya! PKN Bab 5 Semester 2 Kelas 9 Page 145 146

Rpp Tema 4 Sub 2 Pb 3 Ulfie Pdf

MENYELESAIKAN! Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 280 sd 283, Soal #1 sd 10! Tabung, luas, volume

Hal-hal yang Dipelajari dari Kunci Jawaban Teks Gerr Gunawan untuk Buku Teks Kelas Bahasa Indonesia 12 Halaman 198

Jawaban Matematika Semester 8 2 Page 91 92 93 Latihan SMP MTs 7.3 Materi lingkaran

Kunci Jawaban Matematika Semester 8 2 Page 88 89 Tabel perbandingan sudut pusat, panjang busur, dan…

Cari Jawaban Kelas 4 Sd, Mengapa Kita Harus Menghemat Penggunaan Batu Bara?

Prediksi Skor Madura United vs Persis Solo Liga 1 BRI: Statistik Tim, Head to Head, dan Garis Start

Ini Kunci Jawaban Kelas 7 Topik 5 Halaman 81 82 83 84 85 86 87 88 89 Topik Buku Panas Suhu Benda


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *