Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer – Diawali dengan penemuan inovatif Charles Babbage berupa kalkulator. Berkat penemuannya, ia dikenal sebagai ilmuwan paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Kemudian, perangkat komputasi berangsur-angsur berkembang hingga saat ini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. Tahapan perkembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer, masing-masing dengan ceritanya sendiri.

Sejarah perkembangan komputer pernah mengalami masa-masa sulit. Namun berkat tangan-tangan andal para ilmuwan dan teknolog masa itu, kemajuan dari generasi ke generasi tampak sangat mudah dan teratur. Komputer terus dikembangkan dengan menggabungkan inovasi-inovasi terbaru. Selama ini, beberapa perusahaan ternama bekerja dengan komputer berteknologi tinggi yang disebut komputer futuristik.

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

Penemuan cerdas telah berkontribusi pada perkembangan pesat teknologi komputer. Evolusi penemuan komputer dibagi menjadi lima generasi. Di bawah ini adalah ikhtisar generasi demi generasi tentang sejarah perkembangan komputer dari awal hingga saat ini.

Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Indonesia

Perangkat komputasi pertama yang dikembangkan adalah komputer untuk merancang pesawat terbang dan misil. Ilmuwan yang memelopori konsep pengembangan adalah Konrad Zuss, seorang insinyur dari Jerman. Kemudian, pada pertengahan tahun 1940-an, komputer dikembangkan lebih lanjut oleh John von Neumann.

Fitur utama dari komputer generasi pertama adalah prosesornya. Ya, CPU pada komputer generasi pertama adalah mesin pertama yang digunakan untuk menjalankan seluruh sistem komputer. Jika program dasar yang termasuk dalam komputer generasi pertama adalah bahasa mesin.

Penemuan-penemuan penting telah dibuat pada generasi kedua ini. Ada transistor, sebuah alat canggih yang bisa memaksimalkan kinerja sebuah komputer dalam ukuran yang sangat kecil. Penemuan perangkat ini mempengaruhi perkembangan komputer generasi kedua. Pada 1960-an, para peneliti mencoba bekerja dengan komputer generasi kedua.

Banyak institusi, perusahaan, universitas dan pemerintahan yang telah merasakan manfaat dari kecanggihan komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi kedua adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua lebih kecil dari komputer generasi pertama.

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi 1 5

Saat digunakan, transistor menyebabkan komputer cepat panas. Jadi komputer generasi kedua ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Bully mencoba menyelidiki. Kemudian, pada tahun 1958, ia menciptakan komponen yang lebih kompleks daripada transistor, yang membuat komputer lebih cepat panas. Artinya, IC atau Integrated Circuit adalah chip kecil yang memuat banyak komponen menjadi satu.

Dengan demikian, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Komputer generasi ketiga juga lebih cepat di departemen sistem operasi dan dapat menjalankan banyak program secara bersamaan.

Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC diproduksi kembali. Integrasi Skala Sangat Besar perusahaan mencoba pengembangan ini pada 1980-an. Akibatnya, satu chip dapat menampung ribuan komponen. Hal ini menimbulkan istilah personal computer atau komputer. Artinya perangkat komputer mulai dijual di sektor individual. Tidak sampai disitu, muncul sebuah perangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana yaitu laptop.

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

Komputer generasi kelima saat ini diproduksi oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima sering disebut sebagai komputer generasi berikutnya. Beberapa bukti kecilnya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook dan masih banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputasi yang dapat dioperasikan tanpa kontak fisik (menyentuhnya), melainkan menggunakan pikiran. Jadi apakah komputer generasi kelima masuk akal? Hanya waktu yang tahu. Pendidikan sama tuanya dengan umur manusia. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, isi dan bentuk juga berkembang, termasuk perkembangan gagasan dan pemikiran pendidikan. Karena kendala jarak dan waktu, pengembangan pendidikan ini menjadi sulit. Oleh karena itu, pendidikan sangat membutuhkan teknologi informasi untuk memfasilitasi kelancaran proses belajar mengajar antara guru dan siswa.

Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan Dari Masa Ke Masa � Maglearning.id

3 Teknologi informasi adalah alat untuk membuat data, mengorganisasikan data menjadi informasi. Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia dalam pengiriman informasi dari pengirim ke penerima, sehingga pengiriman informasi lebih cepat, lebih luas, dll. Mengapa peran teknologi informasi begitu penting dalam dunia pendidikan? Karena teknologi informasi dalam dunia pendidikan menjamin kemudahan akses, dengan kata lain teknologi informasi digunakan sebagai fasilitator pemerataan pengetahuan dalam pendidikan.

Pendidikan mendapat manfaat dari teknologi informasi modern karena memberikan manfaat yang luar biasa. Dari meneliti materi pendidikan berkualitas tinggi seperti literatur, jurnal dan buku, hingga membuat forum diskusi ilmiah hingga konsultasi/diskusi dengan pakar global – semua ini dapat dilakukan dengan mudah dan lancar karena setiap orang dapat melakukannya sendiri. Pengaruh yang begitu luas tersebut telah memberikan wajah baru pada sistem pendidikan dunia yang dikenal dengan e-learning, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online, pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer dan kelas virtual. pengertian yang sama, yaitu pendidikan berbasis teknologi informasi.

5 Perkembangan dan penerapan teknologi informasi juga bermanfaat bagi pendidikan dalam hal peningkatan kualitas pendidikan nasional di Indonesia. Kondisi Geografis Indonesia dengan banyaknya pulau yang tersebar dan topografi daratan yang tidak ramah merupakan aplikasi teknologi informasi yang sangat cocok digunakan dalam dunia akademik. Teknologi informasi dinilai menjadi fasilitator penting bagi pemerataan pendidikan di Indonesia dengan peluang pembelajaran jarak jauh yang tidak terpisahkan oleh ruang, jarak dan waktu. Tentu saja, teknologi informasi digunakan secara tepat di Indonesia untuk menjangkau area yang kompleks. Manfaat lain dari teknologi informasi untuk sektor pendidikan meliputi:

6 1. Akses perpustakaan 2. Akses pakar 3. Penyelenggaraan perkuliahan/pembelajaran online 4. Pemberian informasi akademik dan administrasi kepada lembaga pendidikan 5. Pemberian fasilitas mesin pencari data 6. Pemberian kesempatan diskusi 7. Ex Pemberian layanan direktori mahasiswa 8. Menawarkan peluang kolaborasi dan banyak lagi.

Pdf) Teknologi Informasi Dan Perkembangannya Di Indonesia

1. Pengertian komputer dalam bahasa Yunani berarti menghitung, yaitu menghitung, jadi arti komputer dalam bahasa tersebut adalah alat yang melakukan perhitungan matematis. Istilah komputer pada dasarnya adalah perangkat elektronik yang mampu mengolah berbagai jenis informasi seperti teks, suara atau gambar untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Suatu perangkat elektronik yang mampu melakukan beberapa fungsi, yaitu menerima masukan, mengolah masukan sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta memberikan keluaran berupa informasi. .

Suatu sistem elektronik untuk pengolahan data yang cepat dan akurat serta dirancang dan diatur untuk secara otomatis menerima dan menyimpan data masukan, mengolahnya, dan menghasilkan keluaran berdasarkan instruksi yang disimpan da
lam memori. Mesin komputasi elektronik yang dapat dengan cepat menerima informasi masukan digital, memprosesnya sesuai dengan program yang disimpan dalam memori, dan menghasilkan informasi keluaran.

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

Pengolah data yang dapat melakukan kalkulasi besar dan cepat, termasuk kalkulasi aritmetika besar atau operasi logis, tanpa campur tangan manusia. Gordon B. Davis Jenis perangkat komputasi khusus dengan karakteristik tertentu selama pemrosesan

Pdf) Poster Perkembangan Komputer Dan Interconnection Network

2. Sejarah Komputer Setelah memahami sesuatu tentang komputer menurut para ahli tersebut di atas, mari kita lihat sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi, yaitu: Z3, dinamai Hawaii; Digunakan dalam desain kapal dan rudal.

13 2. SEJARAH KOMPUTER Kemudian pada tahun 1943, Inggris mengembangkan komputer yang berguna bernama Colossus sebagai pemecah kode rahasia Jerman.

14 2. Sejarah Komputer di Amerika Howard H. Aiken membuat kalkulator elektronik untuk US Navy, komputer terbesar dengan panjang kabel 500 mil dan setengah lapangan sepak bola. Komputer ini disebut Mark 1 atau Harvard IBM Automatic Serial Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih dinilai sangat lambat dan fleksibel.

16 2. Sejarah Komputer Kemudian muncullah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini cukup kompleks karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini adalah komputer bermotor terbesar dalam sejarah komputer, membutuhkan daya 160 kilowatt untuk menyala. Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly dan 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.

Jual Buku Ensiklopedia Teknologi Komputer

18 2. Sejarah Komputer Pada intinya, sejarah komputer generasi pertama dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Komputer generasi pertama menampilkan bahasa mesin yang kasar dan penggunaan tabung vakum yang sangat besar dan silinder magnetis sebagai penyimpanan data.

19 2. Sejarah Komputer Sejarah komputer berlanjut hingga generasi kedua (1959). Perkembangan komputer generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor mini. Transistor pertama kali digunakan di komputer dalam penemuan lain, memori inti magnetik, yang membuat komputer lebih kecil, lebih cepat, lebih andal, dan lebih hemat energi daripada komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua juga menggunakan bahasa assembly, yaitu bahasa yang menggunakan singkatan untuk mengubah kode biner.

20 2. Sejarah Komputer Komputer generasi ini juga memiliki komponen tambahan seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer generasi kedua ini adalah IBM 1401.

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

22 2. Sejarah Komputer Pada tahun 1965, penggunaan komputer mendominasi pemrosesan informasi keuangan. Sejarah komputer kemudian berkembang menjadi generasi ketiga (tahun 1958) dengan penemuan sirkuit terintegrasi (IC/integrated circuit) oleh Jack Kilby. IC, ditemukan oleh para insinyur di Texas Instruments, menggabungkan tiga komponen elektronik pada piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian peneliti mampu membuat sebuah chip yang merupakan gabungan dari IC. Ini membuat komputer generasi ketiga lebih kecil, lebih hemat energi, dan lebih cepat. Menggunakan sistem operasi memungkinkan komputer untuk menjalankan banyak program yang berbeda pada waktu yang sama.

Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

23 2. Sejarah komputer Pada generasi ketiga, sejarah komputer ternyata belum lengkap. Komputer berkembang menjadi generasi keempat ketika LSI (Large Scale Integration), VLSI (Very Large Scale Integration) dan ULSI (Ultra-Large Scale Integration) dikembangkan pada tahun 1980-an, di mana satu chip terdiri dari komponen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membangun komputer. Lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih hemat energi dan membuat komputer lebih andal Prosesor komputer muncul pada generasi keempat ( ) yaitu chip Intel 4004 pada tahun 1971.

25 2. Sejarah Komputer


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *