Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0 – Dunia sedang memasuki era revolusi industri 4.0 dan membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya bertumpu pada keterampilan teknis. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia sejak revolusi industri pertama melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh munculnya mesin uap pada abad ke-18. Revolusi ini tercatat dalam sejarah sebagai keberhasilan ekonomi.

Selanjutnya, revolusi industri generasi kedua ditandai dengan munculnya pembangkit-pembangkit listrik yang memicu munculnya telepon, mobil, pesawat terbang dan lain-lain yang mengubah wajah dunia secara signifikan. Kemudian, revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan munculnya komputer, internet dan teknologi digital yang secara radikal mengubah tidak hanya dunia industri tetapi juga budaya dan kebiasaan dari generasi ke generasi.

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Bagaimana dengan kebangkitan era Revolusi Industri 4.0? Apakah kita sebagai guru siap menghadapi semua ini? Apa tantangan guru selama revolusi 4.0? Secara umum, tantangan yang Anda hadapi dipengaruhi oleh kemunculan super komputer, kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan. Banyak pekerjaan akan hilang dan digantikan oleh robot atau kecerdasan buatan. Tapi ini juga peluang karena banyak lapangan kerja baru bermunculan. Seorang ahli komputer Pak Ninok.

Peluang Bisnis Menjanjikan Di Era Revolusi Industri 4.0

Menurut Ir. Andrey Andoko, bahwa tantangan dunia pendidikan ke depan adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tidak bisa digantikan oleh mesin yang lahir dari revolusi industri 4.0. Selain itu, tantangan bagi guru adalah mempersiapkan siswa yang akan menjadi sumber daya manusia di era ini.

Peran guru secara keseluruhan sebagai pengajar, pengajar, pembimbing, orang tua di sekolah tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh teknologi yang canggih. Karena kontak guru dengan siswa memiliki keunikan yang tidak dapat dilakukan oleh siapapun atau digantikan oleh teknologi.

Meskipun profesi guru belum terlalu terpengaruh oleh revolusi industri 4.0, guru tidak boleh terpaku pada kondisi saat ini, guru harus terus meng-upgrade diri agar menjadi guru yang mampu menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Untuk mempersiapkan guru menghadapi perubahan zaman, setidaknya ada 4 keterampilan yang harus dimiliki guru di era revolusi industri 4.0 ini.

Zahira Media Publisher

Evaluasi tidak hanya didasarkan pada aspek kognitif atau kognitif saja. Namun evaluasi yang dilakukan oleh guru pada masa kini harus mampu mengatasi keunikan dan keunggulan siswa, sehingga siswa mengetahui potensi dirinya secara utuh sejak di bangku sekolah. Guru masa kini harus mampu merancang alat penilaian yang menggali segala aspek yang menjadi perhatian siswa, baik pengetahuan, keterampilan maupun karakter. Semua aspek ini harus dieksplorasi, disempurnakan dan dinilai selama proses pembelajaran di kelas.

Untuk membekali siswa dengan keterampilan abad 21, guru juga harus memahami dan memiliki keterampilan tersebut. Ada 3 aspek penting dari kapabilitas abad 21 ini, yaitu:

Sifat-sifat yang dimaksud dalam keterampilan abad 21 terdiri dari sifat moral (jujur, amanah, hormat, dll) dan sifat kinerja (laboratorium, tanggung jawab, disiplin, ulet, dll). Dalam jiwa dan keseharian seorang guru saat ini sangat penting menanamkan budi pekerti, seiring dengan budi pekerti ia akan menjadi seorang guru.

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Untuk semua siswa. Belajar dengan keteladanan dari seorang guru akan lebih bermakna bagi siswa. Selain karakter moral, guru saat ini juga harus memiliki karakter fungsional yang mendukung setiap kegiatan dan kegiatan yang dilakukannya, baik dalam pembelajaran di kelas maupun kegiatan lainnya.

Jurnal Tentang Peran Pendidikan Kejuruan Di Era Revolusi Industri 4.0

Di antara keterampilan yang dibutuhkan guru saat ini untuk menghadapi siswa abad ke-21 adalah kritik, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Keterampilan-keterampilan tersebut penting bagi guru-guru masa kini, agar proses pendidikan berkelanjutan dapat membekali dan mendorong peserta didik menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman.

Literasi, keterampilan abad 21, menuntut guru untuk melek huruf di berbagai bidang. Menguasai minimal literasi dasar seperti literasi keuangan, literasi digital, literasi sains, literasi kewarganegaraan dan literasi budaya. Keaksaraan Dasar menjadi sumber bagi guru-guru masa kini untuk menjadikan pembelajaran lebih variatif, tidak monoton, hanya mengandalkan satu cara belajar yang dapat menghambat kemajuan siswa.

Di zaman teknologi yang semakin maju, bentuk yang digunakan dalam pembelajaran tidak selalu menggunakan bentuk konvensional seperti bentuk kertas. Guru saat ini harus mampu menyajikan mata pelajaran dalam bentuk modul yang dapat diakses siswa secara online. Sudah banyak fitur yang dapat digunakan guru untuk membuat modul berbasis

Hal ini harus dibarengi dengan kemampuan guru dalam mengemas fitur-fitur tersebut. Perpaduan antara pembelajaran kelas tatap muka (konvensional) dan pembelajaran

Kolom Pakar: Industri 4.0 Vs Society 5.0

Sekolah bukanlah tempat untuk mengisolasi siswa dari dunia luar melainkan sekolah adalah jendela untuk membuka dunia agar siswa dapat belajar tentang dunia. Untuk menjadikan sekolah sebagai jendela dunia bagi siswa, guru harus memiliki kemampuan mendemonstrasikan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang disajikan harus mengarah pada pembelajaran yang efektif

Hal tersebut akan menjadikan siswa lebih terampil dan terasah dalam segala kemampuannya, sehingga lebih siap dalam menghadapi perkembangan zaman pada masa revolusi industri 4.0. Semoga Allah memudahkan kita para guru untuk menghadapi tantangan ini dan menguasai empat keterampilan ini. Amin ya Rabbal ‘alamin Era revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang tentunya tidak asing lagi bagi Anda, apalagi dengan percepatan informasi dan teknologi. Pada dasarnya revolusi industri ini adalah tentang konsep otomasi untuk berbagai jenis pekerjaan manusia. Dengan kata lain, periode ini identik dengan awal era digitalisasi.

Dampak Revolusi Industri 4.0 diyakini dapat menambah nilai efisiensi di lingkungan kerja yang mengutamakan manajemen waktu. Jadi sebenarnya, apa itu Revolusi Industri 4.0? Simak penjelasannya di artikel ini..

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang menggabungkan teknologi informasi dan teknologi otomasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomasi yang diwujudkan dengan teknologi tanpa membutuhkan tenaga manusia dalam proses aplikasinya.

Tantangan Para Pengajar Di Era Revolusi Industri 4.0

Ini jelas menambah nilai efisiensi dalam lingkungan kerja di mana manajemen waktu dianggap penting dan sangat diminati oleh para profesional industri. Selanjutnya, manajemen waktu yang efisien memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pekerjaan dan biaya produksi.

Contoh konkrit yang dapat diperoleh dari pemanfaatan teknologi di bidang industri adalah proses akuntansi dan produksi yang mudah diakses oleh siapa saja kapan saja.

Selain peran teknologi dalam sektor industri, manfaat juga dapat dipetik dari seluruh lapisan masyarakat. S
aat ini, mendapatkan dan bertukar informasi mudah dilakukan kapan saja, di mana saja melalui Internet. Pengertian revolusi industri 4.0 adalah perubahan yang mengacu pada proses manusia dan metode produksi dari permintaan barang. Seperti namanya, revolusi ini merujuk pada perubahan keempat di mana efisiensi dan kenyamanan menjadi kuncinya.

Dampak revolusi industri 4.0 tentunya akan mempengaruhi hampir semua bidang kehidupan manusia, mulai dari bidang politik, militer, ekonomi dan budaya. Selain itu, konsep otomatisasi dan integrasi teknologi dalam revolusi ini juga melahirkan jenis pekerjaan baru.

Pendidikan Di Era Revolusi 4.0

Ciri utama revolusi industri 4.0 adalah kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan efisiensi di sektor industri. Ini tentu berdampak besar pada urusan umum dunia.

Jenis pekerjaan yang semula dilakukan oleh manusia telah digantikan oleh mesin dengan kemampuan yang lebih cepat. Dengan kata lain, revolusi industri 4.0 merupakan perubahan besar yang mengubah tatanan dunia dengan hadirnya teknologi.

Dalam Revolusi Industri 4.0, akan ada 9 teknologi yang menjadi pilar utama pengembangan industri biasa menjadi industri siap digital. dan di antaranya adalah: Revolusi Industri 4.0 merupakan masa perubahan yang ditandai dengan penggunaan teknologi di dunia industri. Berikut adalah beberapa jenis teknologi yang selama ini menjadi pilar utama dalam membuka pintu digitalisasi industri.

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Jenis teknologi IoT ini adalah konsep di mana suatu objek mampu mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia.

Kemenperin Luncurkan Indi 4.0 Uji Kesiapan Industri

IoT merupakan jenis teknologi paling awal yang ada di era revolusi ini dimana terdapat beberapa perangkat mekanik, mesin digital, dan komputer yang saling terhubung menjadi satu kesatuan.

Big data mengacu pada kumpulan volume data yang terakumulasi dalam jumlah besar, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Seperti halnya data, teknologi ini sangat penting dalam membantu suatu industri menentukan bagaimana kinerja bisnisnya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa penyedia layanan yang menggunakan teknologi Big Data, seperti Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data dan Dattabot.

Saat ini penggunaan AR sudah pasti berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan, mulai dari hiburan hingga pendidikan. Augmented Reality dalam perkembangan revolusi industri 4.0 merupakan teknologi yang menggabungkan benda-benda di dunia maya (dua dimensi) seolah-olah berada di dunia nyata (tiga dimensi).

Jual Teknologi Informasi Dan Komputer Di Era Revolusi Industri 4.0

Konsep AR adalah memproyeksikan objek virtual tersebut secara real time. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan pengalaman berada di dunia dua dimensi dengan bantuan teknologi AR.

Teknologi selanjutnya yang dikembangkan pada masa Revolusi Industri 4.0 adalah Cyber Cyber Security. Perkembangan dunia teknologi dan proses digitalisasi juga berjalan seiring dengan risiko serangan digital atau serangan siber.

Oleh karena itu Cyber Cyber Security dikembangkan untuk melindungi seluruh aset digital dari tindakan yang tidak bertanggung jawab melalui serangan dunia maya.

Teknologi Informasi Di Era Industri 4.0

Perkembangan kecerdasan buatan pada revolusi industri 4.0 adalah melakukan analisis data dengan tingkat kecerdasan seperti manusia. Teknologi ini memiliki fungsi utama untuk mempelajari data secara detail dan lengkap.

Teknokreatipreneur.com: Kewirausahaan Berbasis Teknologi Di Era Industri 4.0

Hal ini dilakukan untuk menghasilkan prediksi yang diinginkan. Semakin banyak data yang Anda analisis, semakin baik hasil prediksi Anda.

Perkembangan printer 3D di era revolusi industri 4.0 merupakan salah satu keberhasilan terbesar dalam dunia desain dan industri. Ini memungkinkan Anda mencetak gambar dua dimensi atau aset digital ke objek nyata dalam ukuran dan bentuk gambar.

Teknologi selanjutnya dalam sejarah perkembangan Revolusi Industri 4.0 adalah simulasi. Teknologi ini mengacu pada proses pengujian pengoperasian dalam jangka waktu tertentu. Simulasi sering dilakukan untuk menguji suatu sistem, misalnya


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *