Sejarah Sains Dan Teknologi

Sejarah Sains Dan Teknologi – (BAB 2): PENGEMBANGAN ILMU MEDIEVAL (BAB 3): EKOSISTEM ILMIAH ISLAM (BAB 4): PEMIKIRAN AGAMA, ILMU DAN TEKNOLOGI (BAB 5): ILMU DAN ILMU (ILMU DAN TEKNOLOGI) (BAB 7).

Menjelaskan konsep ekosistem pengetahuan. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peradaban Islam. Jelaskan zaman keemasan sains dan teknologi Islam

Sejarah Sains Dan Teknologi

Sejarah Sains Dan Teknologi

5 KONSEP EKOSISTEM Secara linguistik, ekosistem berarti hubungan antara entitas-entitas yang berada di dalam lingkungan dan kemudian membentuk suatu sistem atau susunan tertentu.

Sejarah Sains Teknologi

6 KONSEP EKOSISTEM Dalam pengertian ilmiah, ekosistem ilmiah melibatkan studi tentang hubungan antara organisme hidup, karakteristik fisik, proses biokimia, fenomena alam, dan aktivitas manusia dalam komunitas ekologi. Hal ini karena di setiap wilayah makhluk hidup dan benda mati berinteraksi membentuk suatu ekosistem.

Gagasan ekosistem pengetahuan adalah pendekatan manajemen pengetahuan yang berupaya mendorong evolusi dinamis interaksi pengetahuan antar entitas. Tujuannya: untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan inovasi melalui jaringan evolusi kolaboratif yang lebih baik.

9 Di setiap kawasan, makhluk hidup dan benda mati berinteraksi dan membentuk suatu ekosistem. Semua unsur dalam suatu ekosistem saling berhubungan. Semua ekosistem harus menjaga keseimbangannya agar dapat berkembang.

Untuk memahami ekologi pengetahuan sebagai operasi yang produktif, akan berguna untuk berfokus pada ekosistem pengetahuan yang terletak pada intinya. Seperti ekosistem alami, ekosistem pengetahuan ini memiliki masukan, keluaran, dan keluaran yang beroperasi dalam hubungan pertukaran terbuka dengan lingkungannya.

Mpu23052 Sainsn Teknologi Dan Kejuruteraan Dalam Islam

1. Teknologi dasar Ekosistem pengetahuan berfungsi pada dua jenis teknologi dasar. Pertama, berurusan dengan konten atau pengetahuan industri inti. Kedua, itu termasuk perangkat keras, perangkat lunak komputer, dan telekomunikasi, yang berfungsi sebagai “teknologi prosedural” operasional. Teknologi ini memberikan kemampuan manajemen pengetahuan yang melebihi kapasitas manusia. Riset, kodifikasi, dokumentasi, publikasi, dan pertukaran elektronik menciptakan pengetahuan dasar. Komunikasi antara komputer dan manusia memungkinkan ekosistem pengetahuan menjadi interaktif dan responsif dalam komunitas yang lebih luas dan dalam subsistemnya.

12 Lanjutan& 2. Integrasi Kritis Pengetahuan organisasi berada dalam jaringan kompleks individu, sistem dan prosedur di dalam dan di luar organisasi. Jaringan ini tercipta dalam bentuk hubungan sosial dan teknologi. Hubungan tersebut mencerminkan minat dan sejarah bersama. Elemen jaringan bergantung satu sama lain untuk sumber daya dan kelangsungan hidup bersama. Mengakses dan menggunakan jaringan pengetahuan ini melibatkan pemahaman dan pemeliharaan integritas hubungan yang mendasarinya.

13 Lanjutan 3. Mesin dan Agen Pengetahuan Hal ini mengacu pada sistem penciptaan pengetahuan termasuk proses penelitian dan pengembangan, pakar, manajer operasional/administrator, sistem perangkat lunak, sumber pengetahuan arsip dan database.

Sejarah Sains Dan Teknologi

Lanjutan& 4. Tindakan performatif Pengetahuan organisasi diubah menjadi nilai ekonomi melalui proses yang melibatkan tindakan. 1. Tindakan kognitif seperti belajar atau mengambil keputusan. 2. Tindakan fisik seperti menyiapkan makanan atau menulis cek. 3. Tindakan sosial seperti organisasi atau partai. Tugas organisasi seringkali membutuhkan semua ini dan jenis tindakan lainnya terjadi secara saling berhubungan untuk menciptakan nilai.

Jual Ensiklopedi Anak Muslim

Agama dan Persatuan Pengetahuan Peran Pemerintah – Kepentingan, Dorongan, Hadiah Stabilitas Politik Baitul Hikmah Perdagangan Internasional Peran Kegiatan Penerjemahan Bahasa Arab Peran Ulama Non-Arab – Persia, Asia Tengah, Non-Muslim. Pendirian sekolah dan universitas

Islam merupakan penggerak utama kemajuan berbagai ilmu pengetahuan. Sesuai dengan ajaran agama yang selalu mengajarkan pemeluknya untuk hidup bermasyarakat dan teguh pendirian, hal itu turut mempercepat kemajuan di segala bidang ilmu. Sifat terbuka Islam telah berhasil memampukan umat Islam dari berbagai latar belakang untuk mempelajari dan mengamalkan semua ilmu yang diwarisinya.

17 Lanjutan… Semua ilmu yang tidak bertentangan dengan iman terus dipraktikkan dan dikembangkan lebih luas lagi, sedangkan ilmu yang bertentangan dengan iman, khususnya aspek iman mengalami perubahan. Islam juga mengajarkan pengikutnya untuk menjadikan tauhid sebagai dasar dari segala ilmu. Artinya, semua pengetahuan yang berkembang di masyarakat pasti memiliki kaitan yang erat dengan agama.

18 Lanjutan… Ada dua kategori ilmu dalam tradisi Islam, yaitu ilmu fardu ain (individual) dan fardu kifajah (komunal). Konsep membagi pengetahuan menjadi agama dan sekuler yang ada di Barat saat ini muncul karena dasar kekristenan yang mereka pahami sempit dan tidak dapat menjawab berbagai pertanyaan ilmiah yang berkembang di masyarakat. Perkembangan berbagai ilmu pengetahuan menjadi katalis bagi kemajuan peradaban Islam pada zaman dahulu.

Sains Dan Teknologi Dalam Pembinaan Tamadun: Peranan Dan Cabaran

Pemerintah memegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peradaban Islam. Mereka sangat tertarik dengan ilmu seperti yang ditunjukkan oleh al-Walid b. Abdul Malik pada masa Bani Umayyah, Omar Abdullah al-Ma’mun pada masa Abbasiyah, dan Abdul Rahman al-Nasir II pada masa Bani Umayyah di Andalusia.

20 Lanjutan… Istana khalifah saat itu menjadi fokus para sarjana muslim dan non muslim untuk membahas segala penemuan baru. Mereka juga diberikan berbagai insentif untuk lebih meningkatkan bidang ilmu yang mereka miliki. Singkatnya, para ilmuwan tidak harus melakukan pekerjaan sampingan sebagai hasil dari dorongan ini, dan itu sangat membantu mereka melanjutkan usaha mereka sampai berhasil.

21 Lanjutan… Budaya menggurui kegiatan ilmiah di kalangan pemerintah dan elit, terutama penulis dan buku-bukunya. Hasilnya: adanya perpustakaan-perpustakaan besar yang sebagian dibuka untuk umum dan dilengkapi dengan ruang baca dan kebutuhan penggandaan naskah.

Sejarah Sains Dan Teknologi

22 Lanjutan… Misalnya, di Damaskus para khalifah Bani Umayyah mengembangkan perpustakaan Arab pertama yang mengumpulkan buku-buku Yunani dan Kristen tentang alkimia, kedokteran, dan ilmu lainnya. Sultan Fatimiyah Mesir juga merupakan kolektor buku dan pendukung pusat pembelajaran penyebaran agama Syiah. Pada akhir abad ke-10, penguasa kerajaan Fatimiyah kedua, Al-Aziz, membangun 40 ruangan berisi buku-buku, terutama kitab-kitab ilmu pengetahuan kuno, yang diperkirakan berjumlah sekitar 18.000 eksemplar.

Pdf) Pengislaman Sains Dan Pengaruhnya Dalam Peradaban: Respons Ilmuwan Muslim Terpilih

23 Lanjutan… Ketika Madrasah atau sekolah al-Mustansiriyeh dibangun di Bagdad pada tahun Masehi, konon koleksi awalnya mencapai 80.000 buku yang disumbangkan dari perpustakaan pribadi Khalifah. Bahkan, koleksi pribadinya juga sangat banyak dan diperkirakan mencapai total 10 ribu eksemplar. Sepeninggal pemilik koleksi pribadi, semua koleksinya diserahkan ke mesjid, tempat ibadah atau madrasah agar orang terpelajar bisa memelihara dan membacanya.< /p>

24 3) Stabilitas politik Kemajuan peradaban Islam sangat tergantung pada pemerintahan yang stabil, tetapi juga pada pemerintahan yang tertarik pada ilmu pengetahuan. Ketika umat Islam maju dalam sains dan teknologi, mereka memiliki penguasa dan tentara yang kuat. Ketika ada stabilitas politik, maka ilmu pengetahuan bisa berkembang karena penduduk merasa aman keluar masuk negara Islam. Banyak mahasiswa asing non-Muslim datang ke pusat studi Islam karena jaminan keamanan yang ada di negara-negara Islam. Mereka juga bebas mempelajari pengetahuan apa saja yang tersedia bagi mereka saat itu.

Menurut Shalab (1945:114), perpustakaan memegang peranan penting sebagai tempat membaca, berdiskusi, meneliti dan mempelajari halakha (dalam lingkaran atau lingkaran). Di era peradaban Islam, ada tiga jenis perpustakaan: perpustakaan umum yang dapat dikunjungi dan digunakan siapa saja. Contoh perpustakaan umum yang terkenal adalah Bayt al-Hikmah di Bagdad dan Dr al-Ilm di Kairo. perpustakaan semi publik perpustakaan pribadi atau perpustakaan khusus.

26 Lanjutan… Perpustakaan semi publik seperti perpustakaan para penguasa kerajaan Fatimiyah dan perpustakaan Amir Nkh bin Nasr al-Sman+, didirikan untuk mengakses ilmu atau untuk menunjukkan bahwa mereka ahli ilmu atau pecinta ilmu . Hanya sarjana terkenal yang diizinkan mengunjungi perpustakaan jenis ini.

Sains Teknologi Dlm Tamadun Islam: 2013

27 Lanjutan… Misalnya, Ibnu Sina, seorang tokoh kedokteran yang terkenal dan dihormati, mendapat izin dari penguasa kerajaan Samniyyah, yaitu Nkh bin Nasr al-Sman+, untuk membaca dan meneliti buku-buku kedokteran di perpustakaan kerajaan yang terletak di Bukhara. . Perpustakaan pribadi, misalnya perpustakaan Hunajn bin Ishaq, perpustakaan al-Mubashshir bin Ftika dan perpustakaan Ifr’im bin al-Zaffn, didirikan oleh para ulama dan penulis khusus untuk kepentingan mereka sendiri. Jumlah perpustakaan tersebut sangat banyak karena jarang sekali seorang peneliti atau penulis tidak memiliki perpustakaan sendiri sebagai sumber informasi dan tempat rujukan dalam penelitian yang dilakukannya.

28 BAYTUL HIKMAH berarti “Rumah Kebijaksanaan”. Itu adalah nama perpustakaan umum yang didirikan oleh Khalifah Harun al-Rasyid. Ini diyakini sebagai perpustakaan pertama yang paling lengkap, efisien dan sistematis. Tujuan Baytul Hikma diciptakan untuk menggalang upaya menghimpun, menerjemahkan dan menyusun naskah-naskah lama serta karya-karya baru para cendekiawan Muslim dan non-Muslim. Karya-karya Baytul Hikme ditempatkan di bawah pengawasan khalifah sendiri karena kecintaannya pada ilmu, dan biayanya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Baytul Hikma mencapai puncak kemajuannya pada masa Khalifah al-Makmun yang terlibat langsung dalam kegiatan keilmuan Baytul Hikmah.

29 Lanjutan… Perpustakaan ini pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Harun al-Rasyid (pemerintahan H/M) sebagai perpustakaan yang dikenal dengan nama Khizanat al-Hikmah. Pada masa pemerintahan Khalifah al-Ma’mkn (H/M sang Raja), perpustakaan diperluas dan difungsikan sebagai lembaga kajian ilmiah yang meniru karakteristik Akademi Jundishapkr.

Sejarah Sains Dan Teknologi

31 Lanjutan& Kegiatan utama Bayt al-Hikmah adalah menerjemahkan buku-buku filsafat, sains, matematika, kedokteran dan astronomi yang ditulis dalam bahasa asing, termasuk Yunani, Persia, Sanskerta, dan Syria ke dalam bahasa Arab. Di antara pencapaian awal Bayt al-Hikmah adalah penerjemahan karya Aristoteles tentang penggunaan dialektika, yang dipilih secara khusus untuk memperkuat para teolog kerajaan Abbasiyah melawan bidat dan penganut agama lain yang mempertanyakan otoritas ajaran Islam.

Pdf) Sains Sosial & Teknologi Maklumat

32 Lanjutan& Bayt al-Hikmah memiliki perpustakaan yang besar. Khalifah Hrkn al-Rasyid mengumpulkan di dalamnya buku-buku tentang ilmu Syariah, kedokteran dan astronomi (astronomi) yang diterjemahkan dari bahasa asing ke dalam bahasa Arab. Selain itu, perpustakaan ini juga menjadi tempat berkumpulnya para cendekiawan, peneliti dan mahasiswa dari seluruh dunia Islam. beberapa


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *