Gambar Menghemat Energi Listrik

Gambar Menghemat Energi Listrik – 29 Jul 2021 9:40 29 Jul 2021 9:40 Diperbarui: 5 Agu 2021 9:53 3067 1 0

Kajeksan, Kota, Kudus (4/8/2021) – Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah dari kantor hingga sekolah yang berdampak pada melonjaknya tagihan listrik di masyarakat. PLN mengatakan, kenaikan tagihan listrik bukan karena kenaikan tarif listrik, melainkan karena kenaikan konsumsi listrik.

Gambar Menghemat Energi Listrik

Gambar Menghemat Energi Listrik

Nike Yunita (20), mahasiswa Tim KKN II UNDIP 2021, melihat kondisi tersebut dan berinisiatif untuk berbagi tips hemat listrik di wilayah sekitar Desa Kajeksan, khususnya di wilayah RT 4 RW 1 melalui media billboard dan sosialisasi.

Mengapa Kita Perlu Menghemat Energi? Contoh Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 103

Sebenarnya banyak kemungkinan, tapi hanya 4 yang menjadi dasar penghematan listrik di rumah tangga. Yang pertama adalah beralih ke lampu LED karena lampu LED menggunakan energi yang lebih sedikit dibandingkan lampu lainnya. Yang kedua adalah menggunakan perangkat listrik sesuai kebutuhan. Yang ketiga adalah mencabut steker yang tidak terpakai dari stopkontak. Keempat, gunakan alat elektronik berdaya kecil karena lebih hemat daya, terang Nike Yunita, 20 tahun, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021.

Pada tanggal 22 Juli 2021 telah dilaksanakan program kegiatan dengan tujuan Memberdayakan warga RT 4 RW 1 desa Kajeksan untuk menekan kenaikan listrik di masa pandemi Covid-19

Sosialisasi dengan warga sekitar RT 4 RW 1 Kajeksan (sumber: penulis) Sosialisasi dengan warga sekitar RT 4 RW 1 Kajeksan (sumber: penulis)

Dia perawat yang sangat membantu, saya juga tidak terlalu memperhatikan konsumsi listrik di rumah saya, sehingga tagihan terus naik. Mudah-mudahan masyarakat lebih memperhatikan konsumsi listrik ke depan, apalagi di masa pandemi ini ekonomi cenderung menurun, tapi tagihan listrik terus naik,” jelas Pak Arifin, warga RT 4 RW 1 Desa Kajeksan.

Cara Menghemat Energi Listrik Didalam Rumah

Kami berharap warga RT 4 RW 1 Desa Kajeksan dapat menerapkan tips hemat energi dan membagikannya kepada warga lainnya melalui sosialisasi hemat energi ini. Karena dengan menghemat listrik, kita tidak hanya menghemat biaya bulanan, tapi juga menjaga alam. Konsisten menyediakan listrik dengan harga terjangkau sangat penting. Sama pentingnya, bagaimanapun, adalah pengenalan penghematan energi. Mulai tahun 2016, Departemen Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) menginisiasi gerakan Reduce 10% untuk menghemat energi. Gerakan ini merupakan aksi bersama pemerintah, pengusaha/perusahaan industri, organisasi masyarakat sipil dan individu untuk menghemat 10% energi. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan konsumsi energi sekaligus mengurangi jumlah cadangan energi fosil yang saat ini menjadi sumber utama listrik di Indonesia.

Perlunya konservasi energi ini sejalan dengan paradigma global manajemen energi saat ini yang menyatakan bahwa konservasi energi adalah sumber energi pertama, diikuti oleh sumber energi terbarukan, minyak bumi, gas alam dan batubara. Menghemat energi lebih mudah daripada menghasilkan energi dan menghemat 1 kWh lebih mudah daripada menghasilkan 1 kWh.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sekitar 5,1%, dan konsumsi listrik tumbuh rata-rata 7% per tahun. Total konsumsi listrik pada tahun 2016 mencapai 216 Terra Watt (TWh), dimana sektor rumah tangga mengkonsumsi sekitar 94 TWh. Pemakaian listrik tidak bisa begitu saja ditutupi dengan membangun pembangkit listrik, tetapi dapat dilakukan dengan upaya yang lebih murah dan sederhana, yaitu dengan penghematan listrik.

Gambar Menghemat Energi Listrik

Tahun ini, Kementerian ESDM kembali menjalankan kampanye hemat energi dengan pengurangan 10%. Acara aksi yang terdiri dari Fun Run dan Fun Bike ini akan diselenggarakan di 3 kota yaitu Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Kampanye ini akan berlangsung serentak pada tanggal 21 Mei 2017 dan ditujukan untuk konsumen listrik di rumah tangga. Penghematan hanya 10% di sektor rumah tangga menghemat listrik setara dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan output sekitar 900 MW. Menghemat listrik lebih mudah dan murah daripada membangun pembangkit listrik.

Hemat Listrik Gaya Hidup Baru Untuk Energi Terbarukan

Pada tahap ini, program akan dilaksanakan di provinsi-provinsi yang konsumsi energinya tinggi atau di atas 87 persen dari total konsumsi nasional, seperti Sumut, Riau, Sumsel, Lampung, Banten, Jabar, DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Bali, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Penghematan 10% selama tiga tahun ke depan setara dengan penghematan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) baru. Penghematan 10% juga dapat mengalirkan listrik ke sekitar 2,5 juta rumah tangga di seluruh desa di 6 provinsi Indonesia bagian timur, atau setara dengan 10 juta orang yang mendapatkan akses listrik. Misalnya, mematikan lampu dan elektronik di rumah Anda selama satu jam sehari dapat menghemat listrik setara dengan 600 watt. Penghematan ini setara dengan menyediakan listrik untuk rumah tangga di daerah terpencil.

Menumbuhkan budaya hemat listrik dapat dilakukan sendiri, dimulai dari hal-hal sederhana dalam mendukung gerakan Kurangi 10% hemat energi, antara lain:

Dalam gerakan ini, Kementerian ESDM mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan listrik secara efisien dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Jika diterapkan secara konsisten, maka menjadi gaya hidup dan jika diterapkan secara masif dapat mendukung upaya menuju kedaulatan energi.

Menanamkan Budaya Hemat Energi Listrik

Program serupa dilakukan di berbagai negara, salah satunya di kota Cambridge, Inggris dan Singapura. Di Cambridge, program A City of Cycling atau Kota Ramah Sepeda dianggap sebagai salah satu wujud budaya bersepeda yang diturunkan dari generasi ke generasi. Di Singapura dikenal sebagai Clean and Green Singapore yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat terhadap perlindungan lingkungan melalui penerapan gaya hidup bersih dan hijau. **(Tim Komunikasi Kementerian ESDM dan Tim Komunikasi Pemerintah Kem)

Hari ini, Presiden Joko Widodo secara simbolis menyerahkan DIPA TA 2019 dan alokasi TKDD kepada 12 menteri/pimpinan lembaga dan manual detail AC  Bab No. 26  10 tips menggunakan AC yang tepat untuk menghemat listrik dan memperpanjang masa pakai AC. masa hidup

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara agar AC tidak digunakan sembarangan di rumah Anda dan mengetahui cara menggunakan AC dengan benar agar tubuh tetap sehat. Kalau ada yang sudah tahu trik ini, kamu bisa mengurangi tagihan listrik rumah dan menyimpan uang di kantong setiap bulannya, lumayan buat ditabung dan investasi.

Gambar Menghemat Energi Listrik

Sebagai toko elektronik khusus AC, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang penggunaan AC yang benar agar pengguna AC tidak merasa terlalu boros listrik dan menjadi pengeluaran yang besar.

Buatlah Sebuah Poster Dengan Tema Hemat Energi! Simak 5 Contoh Poster Hemat Energi

Biasanya +62 orang pasang AC 16 derajat, kipas max, power mode. Pas tagihan listrik datang kamu cuma mengoceh soal AC yang boros banget, hehe. Apakah konsumsi daya AC mubazir atau tidak tergantung bagaimana Anda mengatur remote setiap hari.

Suhu remote AC tidak boleh kita setel ke 16 derajat, jika
sudah terbiasa pasti akan menambah tagihan listrik AC di rumah. Untuk mengurangi tagihan listrik Anda, pastikan pengaturan suhu maksimal 24 derajat Celcius

Sesekali tidak apa-apa, hangat banget di dalam rumah, kita turunkan menjadi 20-22 derajat, tapi ingat kalau sudah cukup dingin kita naikkan lagi menjadi 24 derajat Celcius ke atas agar lebih hemat energi. .

Mekanisme remote AC adalah mengirimkan sinyal ke AC indoor agar mencapai target suhu ruangan. Saat suhu ruangan tercapai, jika AC Anda adalah tipe standar, kompresor akan mati untuk beralih ke mode standby, sehingga konsumsi daya juga akan berkurang.

Contoh Poster Hemat Energi Yang Memikat Bagi Pembacanya

Namun, jika AC Anda adalah inverter, kompresor akan sedikit mengendur dan mengurangi beban kerjanya, sehingga konsumsi daya akan lebih rendah.

Anda akan merasakannya ketika AC standar sudah mencapai suhu yang sesuai ketika terdengar bunyi detak dari luar yang artinya kompresor sedang istirahat dan masuk ke mode standby, beberapa menit kemudian ketika suhu sekitar 1 -2 derajat Celcius naik, AC mengaktifkan kompresor daya lagi.

Jika AC standar mati, apakah AC mudah rusak? Padahal, hal ini cukup normal dan ada proses kerja AC yang standar. Namun, tidak disarankan memasang remote control AC di atas 24 derajat, seperti B. 26 derajat untuk AC standar, karena terlalu sering dinyalakan dan dimatikan.

Gambar Menghemat Energi Listrik

Untuk AC inverter tidak apa-apa kalau kita pasang di 24-26 derajat, justru lebih hemat karena komponen AC bisa menyesuaikan dengan suhu ruangan.

Contoh Slogan Hemat Energi Yang Menginspirasi

Namun pada suhu 16 derajat hal ini hampir tidak mungkin dicapai dengan AC, sehingga kompresor tetap bekerja 100% setiap saat, sehingga tagihan listrik menjadi maksimal. Bahkan pekerjaan berat seperti ini akan memperpendek umur kompresor.

Tetapi bagaimana jika kompresor mati alih-alih membuat AC tidak berguna? Sebagai perbandingan untuk menjawab pertanyaan ini, jika kita asumsikan setiap 10 menit mudahnya, kompresor standar mati ketika suhu tercapai, yaitu siklusnya kurang lebih seperti 10 menit mati, 10 menit mati, 10 menit mati. , 10 menit mati. Kemudian kompresor bekerja selama 1 jam 30 menit dan istirahat selama 30 menit.

Katakanlah kita melakukan perhitungan sederhana, setiap 10 menit AC mengkonsumsi daya 800 watt dan beban listrik untuk setiap pengaktifan kembali kompresor sekitar 20%. Dengan 3 siklus aktif kompresor, total beban listrik adalah 800 * 20% * 3 siklus = 2880 watt. Sekarang mari kita bandingkan jika AC menyala selama 60 menit penuh karena suhunya kita set ke 16 derajat Celcius. Jadi kami asumsikan 10 menit pertama membutuhkan daya 20% untuk mengaktifkan kompresor dan 50 menit sisanya 800 watt normal. (800 * 20%) + (800 * 5) = 4.960 watt.

Dari perhitungan diatas ternyata pada suhu 24 derajat banyak penghematan karena kompresor tidak bekerja 100%. 2880 watt versus 4960 watt. Namun, kami telah menyederhanakan perhitungan di atas untuk memudahkan perbandingan. Dalam praktiknya, banyak variabel lain yang harus dipertimbangkan.

Kita Itu Harus Hemat Listrik Hemat Energi Listrik Ka

Dengan memastikan kondisi ruangan tertutup, sirkulasi udara AC tidak terbuang percuma ke ruangan lain, sehingga suhu udara yang diatur dari jarak jauh dapat tercapai dan AC dapat bekerja secara efektif dan efisien. Jika kondisi jendela atau


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *