Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi – Globalisasi merupakan fenomena permanen dalam peradaban manusia global. Ketersediaan teknologi informasi dan teknologi telah mempercepat proses globalisasi. Apa dampak positif dan negatif dari globalisasi?

Globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang memengaruhi politik, ekonomi, masyarakat, budaya, dan lainnya, menurut jurnal tersebut.

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Masyarakat irasional menjadi rasional. Globalisasi juga mendukung pembelajaran lebih banyak tentang nilai-nilai sosial budaya, gaya hidup, pemikiran yang baik, serta ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara-negara maju lainnya.

Globalisasi Globalisasi Berasal Dari Kata Globe Yang Berarti Bola Dunia , Sehingga Globalisasi Adala Proses Tatanan Masyarakat Yang Mendunia Dan Tidak.

Membuka perusahaan industri yang memproduksi alat komunikasi dan transportasi yang kompleks merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Globalisasi mendukung hajat hidup bangsa Indonesia melalui tuntutannya untuk memperkuat supremasi hukum, demokratisasi dan perwujudan hak asasi manusia.

Globalisasi juga mendukung perbaikan norma hukum dan penerapan hukum yang adil dan bermanfaat untuk kebaikan bersama. Globalisasi juga memengaruhi meningkatnya permintaan akan tugas lembaga penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Globalisasi dalam lingkungan sosial budaya mendorong adaptasi dengan mengedepankan etos kerja yang tinggi, cinta kerja keras, disiplin, memiliki jiwa kemandirian, kecerdasan, atletis, dan lain-lain.

Berikut Tips Perilaku Sehat Menyikapi Dampak Globalisasi.

Di bidang ekonomi sektor perdagangan, liberalisasi perdagangan barang, jasa dan barang lainnya melalui globalisasi memungkinkan Indonesia bersaing di pasar perdagangan luar negeri, khususnya pada produk pertanian, hasil laut, tekstil dan bahan tambang.

Globalisasi dalam lingkungan ekonomi di sektor manufaktur telah menyebabkan munculnya kecenderungan perusahaan asing untuk memindahkan operasi produksi ke negara berkembang, dengan mempertimbangkan keunggulan geografis. Di satu sisi, dampak globalisasi menciptakan lapangan kerja bagi warga negara.

Dalam konteks globalisasi, masyarakat industri menyediakan pasokan barang konsumsi yang besar. Ketersediaan ini dapat menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk dengan banyak pilihan.

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Kenikmatan yang ditawarkan oleh teknologi di satu sisi dapat membuat manusia merasa tidak membutuhkan orang lain dalam aktivitasnya dan lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial. Pendekatan seperti itu dapat merusak semangat gotong royong, kebersamaan, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.

A. Berilah Tanda Silang (x) Pada Huruf A, B, C, Atau D Pada Jawaban Yang Benar!

Kecenderungan globalisasi yang hanya diikuti oleh segelintir individu dalam masyarakat, jika tidak dibarengi dengan sikap dan kepedulian sosial, di satu sisi meningkatkan kesenjangan dan ketimpangan sosial.

Globalisasi hukum, pertahanan, dan keamanan mengurangi peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban umum. Sebab, tugas ini sudah ditegaskan sebagai tanggung jawab TNI dan Polri.

Oleh karena itu, dampak positif dan negatif dari globalisasi dapat disaring untuk memberikan manfaat bagi warga negara Indonesia. Selamat membaca, ers.ers, tahukah kamu apa itu globalisasi? Globalisasi adalah proses tatanan global dan tidak mengenal batas.

Padahal, globalisasi adalah proses gagasan yang diajukan oleh orang atau sekelompok orang di suatu wilayah dan kemudian diajukan untuk diterapkan oleh negara lain. Dan begitu ide diterima, akhirnya mencapai titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman umum bagi orang-orang di seluruh dunia.

Pancasila Dan Perannya Dalam Menghadapi Arus Globalisasi

Globalisasi menyebabkan perubahan cara hidup, kesadaran, serta nilai-nilai sosial budaya seperti ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju lainnya. Misalnya, mengembangkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, memiliki jiwa mandiri, karakter yang baik, sportif, dll.

Perkembangan ilmu pengetahuan dapat ditandai dengan kehidupan sosial ekonomi yang lebih produktif, efektif dan efisien. Selain itu, adanya kemajuan teknologi komunikasi, informasi, dan transportasi yang semakin memudahkan kehidupan manusia, seperti mobilitas yang tinggi, karena lebih cepat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, serta lebih mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan.

Selain itu, globalisasi juga membantu memperluas pasar produk dalam negeri. Ini pertanda baik karena produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional. Pada akhirnya hidupnya akan membaik, dan pembangunan negara akan meningkat.

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Pelanggaran nilai-nilai budaya adat seperti merusak kerjasama, kebersamaan, kepedulian dan kesetiakawanan sosial, dalam beberapa situasi/darurat seperti penyakit, bencana atau malapetaka, hanya ditangani oleh segelintir orang.

Rpp 9 Bab 2 B1 (globalisasi)

Lantas apa yang dimaksud dengan globalisasi seperti yang telah dijelaskan di atas, ers! Sejajarkan globalisasi dengan nilai-nilai kita Beberapa bukti globalisasi dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bukti globalisasi di bidang pariwisata, komunikasi dan transportasi.

Mari kita cari bukti globalisasi dalam industri pariwisata, globalisasi dalam industri komunikasi, globalisasi dalam industri transportasi.

Globalisasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana orang-orang di seluruh dunia saling berkomunikasi dan bertukar banyak hal tanpa batas wilayah atau negara.

Sebagai contoh, sebagai bukti globalisasi di bidang pariwisata, masyarakat global kini semakin mudah untuk mencari dan memperoleh informasi wisata dari seluruh dunia.

Dampak Globalisasi Pada Komunitas Lokal

Dibandingkan dengan masa lalu, promosi pariwisata bisa dilakukan secara lebih profesional, seperti melalui website atau iklan online.

Bukti lainnya adalah semakin banyak penduduk suatu negara melakukan perjalanan ke negara lain karena akses yang lebih mudah dan biaya yang lebih murah.

Gambar anak-anak dibuat oleh freepik Ilustrasi anak-anak menggunakan internet dan teknologi komunikasi, bukti globalisasi di bidang komunikasi

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Salah satu bukti globalisasi dalam komunikasi misalnya, kita sekarang dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dengan orang lain di mana saja dan kapan saja.

Bentuk Globalisasi Ekonomi Dan Pengaruhnya Ke Perekonomian Indonesia

Contoh lain globalisasi dalam komunikasi, misalnya kita bisa menonton langsung pertandingan olahraga atau pertunjukan musik di TV.

Foto oleh Gerry van der Walt di Unsplash. Ilustrasi pesawat terbang merupakan salah satu bukti globalisasi dalam industri transportasi

Sebelum era globalisasi, masyarakat masih menggunakan transportasi tradisional, seperti perahu untuk transportasi la
ut atau kuda untuk transportasi darat.

Bukti globalisasi dalam transportasi, misalnya, perjalanan jarak jauh antar negara atau benua menjadi lebih mudah dan cepat dengan penggunaan kapal laut dan pesawat terbang.

Globalisasi: Pengertian, Karakteristik, Contoh, Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya

Selain itu, jumlah angkutan umum dan pribadi seperti bus, kereta api, sepeda motor, dan mobil semakin meningkat.

Teman-teman, jika ingin tahu lebih banyak tentang sains, cerita fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan menarik, Anda harus berlangganan SD dan majalah Mombi. Klik di sini, Jakarta – Perubahan sosial di era modern sangat erat kaitannya dengan globalisasi. Perlu diketahui, tidak hanya itu, globalisasi juga memiliki dampak negatif.

Di era globalisasi ini disebut global village atau desa global yang artinya batas antar bangsa semakin kabur. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi dan komunikasi.

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Globalisasi yang terjadi saat ini telah memberikan banyak dampak positif dan negatif bagi masyarakat global. Namun, globalisasi di seluruh dunia tidak dapat dihentikan dan akan terus berlanjut. Oleh karena itu, globalisasi merupakan tantangan besar bagi setiap negara.

Sosiologi Kelas 12: Proses Terjadinya Globalisasi

Setiap bangsa harus mampu memposisikan diri dalam era globalisasi ini, namun harus mampu menjaga kehidupan bangsanya dari pengaruh negatif proses globalisasi.

Hal ini dapat meningkatkan interaksi antar manusia dan bahkan arus informasi dari luar dapat tersaring atau terpantau. Salah satunya adalah munculnya sikap westernisasi.

Westernisasi adalah sikap atau tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang meniru budaya Barat untuk mencairkan rasa nasionalisme atau kecintaan terhadap budaya sendiri.

Misalnya, dress code generasi muda, yang mengikuti dress code masyarakat Barat. Selain itu, pergi ke klub malam, pesta pora, dll.

Contoh Globalisasi Contoh Globalisasi Di Bidang Ekonomi Contoh Globalisasi

Individualisme dapat diartikan sebagai perilaku egois dan tidak mau memahami urusan atau kepentingan orang lain.

Di kota-kota besar, sikap individualisme terlihat jelas, bahkan tetangga sering tidak saling mengenal. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi antar warga.

Selain itu, kepedulian terhadap sesama juga memudar. Aksi gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia perlahan menghilang.

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Contoh lain, saat ini sangat jarang ditemukan orang yang menggunakan ponsel tanpa peduli lingkungan. Ungkapan Ponsel membawa yang jauh dan yang dekat cocok untuk menggambarkan situasi saat ini.

Globalisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, Dan Contoh

Masuk dan berkembangnya perusahaan asing juga menyebabkan perubahan lingkungan alam. Berbagai kenyamanan yang kita nikmati datang dengan dampak lingkungan berupa pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan ditandai dengan perubahan kondisi lingkungan akibat ulah manusia atau proses alam, sehingga tidak dapat berperilaku sebagaimana mestinya.

Misalnya pencemaran udara dengan asap kendaraan atau asap pabrik. Pencemaran air dengan limbah domestik dan industri. Pencemaran tanah, pencemaran suara dapat berasal dari kendaraan bermotor atau pabrik yang menggunakan pupuk kimia atau limbah yang dibuang ke tanah.

Dampak tersebut antara lain berjangkitnya penyakit akibat polusi seperti pernafasan, asma, TBC dan lain-lain.

Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari Hari Lingkungan Masyarakat

4 Pemain PSM yang Bisa Bikin Tempest Persebaya di Ligue 1 BRI: Wiljan Pluim Kuncinya, Ramadhan Sananta On Fire!

Duel pemain asing kunci Persebaya vs PSM di BRI Ligue 1: Sentuhan emas Sho Yamamoto dan mantra menakutkan Willian Pluim.

2 Pergantian Sepak Bola SEA Games 2023: Skuat U-22 Indonesia Kembali Berkurang Jumlah Pemain Senior

Contoh Globalisasi Bidang Teknologi

Witan Sulaeman dan Calon Bintang 3 Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023: Ayo Bawa Medali Emas

Apa Saja Dampak Positif & Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi Dan Sosial Budaya

Foto: Upaya Hugo Samir Turunkan Kualifikasi Piala Dunia U-20 Indonesia di Laga Uji Coba?, Jakarta Anda pasti sering mendengar kata globalisasi. Saya tidak tahu efek, penyebab, dll. Namun apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Menurut Selo Soemarjan, pendidik yang menjadi bapak sosiologi Indonesia, globalisasi adalah proses terciptanya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar manusia di seluruh dunia untuk menganut sistem yang sama dan aturan-aturan tertentu.

Arti harfiah dari globalisasi adalah proses mengglobal dalam bentuk informasi, ide, gaya hidup dan teknologi. Globalisasi disebabkan oleh banyak faktor, seperti kemajuan teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dll.

Lalu apa yang dimaksud dengan globalisasi? Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman ciri-ciri globalisasi dari berbagai sumber, agar Anda lebih memahami rahasia globalisasi, Senin (18/3/2019).

Ciri Ciri Globalisasi Yang Tanpa Disadari Mengubah Kehidupan

* Fakta atau kebohongan? WhatsApp 0811 9787 670 untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *